- Back to Home »
- Penerbitan Grafis dan Elektronik »
- Artikel Penerbitan Grafis dan Elektronik Wahyu Kencono Wati
Posted by : Unknown
Senin, 02 Mei 2016
Pengembangan
Interaktif e-Book dari Sisi Pedagogik,
Teknologi
Perangkat Lunak Serta Media yang Digunakan
Wahyu Kencono
Wati
Penerbitan Grafis dan Elektronik
Dosen Pengampu: Pitoyo Widhi Atmoko S.Si.,M.Si
Secara
garis besar media pembelajaran memiliki manfaat dalam memudahkan siswa
mempelajari materi pelajaran. Media pembelajaran yang digunakan harus dapat
menarik perhatian siswa pada kegiatan belajar mengajar dan lebih merangsang
kegiatan belajar siswa. Penggunaan media pembelajaran ini harus didukung oleh
ketersediaan sumber belajar yang mudah diakses dan memiliki konten yang
interaktif. Salah satu media pembelajaran yang dapat dikembangkan adalah e-Book
interaktif.
Secara
sederhana e-Book dapat diartikan sebagai buku elektronik atau buku digital.
Buku elektronik adalah versi digital dari buku yang umumnya terdiri dari
kumpulan kertas yang berisi teks atau gambar. e-Book sendiri menjadikan teks
dan gambar tersebut dalam informasi digital baik dalam format teks polos, *pdf,
*jpeg, *lit dan *html. e-Book masuk ke Indonesia seiring dengan perkembangan
teknologi informasi dan komunikasi global. Transformasi dari buku tradisional
menuju bentuk digital yang ditampilkan melalui media Internet memudahkan
pembelajaran dalam mencari informasi yang tersedia.
A. Tenknologi Pengembangan Konten e-Book
Teknologi
pembuatan e-Book berupa aplikasi yang langsung menyimpan dokumen dengan format
EPUB yang ada saat ini memungkinkan untuk memindahkan buku-buku yang dicetak
dengan kertas ke dalam versi elektronik. Untuk membuat atau memindahkan dokumen
buku kedalam versi elektronik, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah
format standard yang umum digunakan oleh penerbit untuk mendistribusikan buku
elektronik. Proses pembuatan e-Book dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi
pembuat buku elektronik. Dasar pertimbangan penggunaan sebuah tool pembuat
adalah kompatibilitas format buku elektronik yang dihasilkan, dan integritas
pekerjaan yang dapat dilakukan dengan hanya menggunakan satu tool saja.
Aspek
teknologi dalam pengembangan e-Book meliputi format data, perangkat keras untuk
membaca e-Book, dan perangkat lunak pembuat e-Book. Sistem digital tidak lepas
dari sebuah format data standard yang telah ditentukan. Dalam sebuah
pengembangan produk digital seperti ebook, format data standard berdampak pada
pengembangan teknologi perangkat pembaca dan pembuat e-Book.
1.Format
Standard Buku Elektronik
Format atau protocol adalah
sebuah struktur kode yang dibentuk sedemikian rupa agar bisa diterjemahkan oleh
sistem komputer. Pada awalnya ide untuk membangun sebuah format ebook muncul
dari penerbit buku elektronik. Mereka sengaja mengembangkan dengan orientasi
membuat sebuah produk buku dengan versi yang baru. Dengan adanya format ini
para penerbit juga dapat membangun sistem untuk membaca format tersebut. Hingga
saat ini telah banyak format file ebook yang dibuat oleh para penerbit buku
elektronik. Salah satu contoh yang sering dikenal adalah portable document
format atau lebih dikenal dengan PDF. Lebih detail mengenai format buku
elektronik yang beredar saat ini dan banyak digunakan dibahas pada bagian ini.
Compiled
HTML
Compiled HTML atau dikenal
format file extensi .CHM adalah format electronic book yang dibangun oleh
Microsoft. Umumnya format ini digunakan untuk menerbitkan dokumen petunjuk
manual sebuah aplikasi yang diproduksi oleh Microsoft.
DjVU
Format DjVU merupakan bentuk
electronic book yang dipergunakan untuk membukukan dokumen berupa gambar dan
teks hasil dari proses scanning. File ini akan dikompilasi dengan sistem
kompresi yang memungkinkan sebuah dokumen berisi gambar dan teks menjadi sangat
kecil.
EPUB
Salah satu format electronic
ebook yang dibuat oleh asosiasi penerbit IDPF (International Digital Publishing
Forum). Starndard format EPUB bersifat terbuka (Open). File electronic book
format EPUB memiliki extensi file .EPUB. format ini memiliki tiga standarisasi
yang berasosiasi menjadi satu format EPUB.
HTML
Format HTML (Hypert Text Markup
Language) umumnya digunakan dalam website. Sebuah electronic book dengan
menggunakan format file extensi .html bisa dibaca dengan menggunakan browser.
Format ini didefinisikan oleh sebuah badan standard yaitu W3C.
iBook
Format file iBook memiliki
extensi .iBook. format ini didefinisikan oleh perusahaan Apple Inc. format
electronic book pada iBook memiliki struktur dasar yang sama dengan EPUB.
Walaupun sama namun iBook tidak sepenuhnya kompatibel dengan EPUB. iBook bisa
dibaca oleh aplikasi iBook pada sistem operasi buatan Apple yaitu IOS.
KF8
(Amazon Kindle)
Salah satu
produk perangkat khusus pembaca buku elektronik yang terkenal saat ini adalah
Kindle yang dibuat oleh Amazon. Perusahaan ini juga mengeluarkan sebuah
standard format penulisan buku elektronik dengan ektensi KF8. Format ini hanya
bisa dibuka dengan menggunakan perangkat kindle.
2. Pembuat Konten
E-Book
Berbagai macam format buku
elektronik dibuat oleh penerbit. Format yang dibuat ada yang memang sengaja
untuk dipopulerkan dan ada pula yang memang khusus untuk keperluan penerbit itu
sendiri. Sebagai contoh format KF8 yang dibuat oleh Amazon, format ini dibuat
hanya untuk buku elektronik yang diterbitkan oleh Amazon. Konsekuensi dari
format khusus ini adalah tidak ada aplikasi yang bisa membaca buku elektronik
format KF8. Berbeda dengan format buku elektronik PDF. Format ini memiliki
banyak aplikasi pembaca yang beredar. Untuk membuat buku elektronik format PDF
banyak aplikasi yang bisa digunakan.
3.Perangkat
Pembaca E-Book Kindle
Kindle adalah perangkat pembaca
buku elektronik yang didesign khusus oleh penerbit buku Amazon. Perangkat ini
sangat populer karena menyediakan buku elektronik yang diterbitkan oleh Amazon
dan secara khusus dapat bertransaksi dengan toko buku online Amazon.
Nook
Perangkat ini
dibuat oleh penerbit Nobel and Barness, sama halnya dengan kindle, perangkat
ini memiliki format khusus buku elektronik yang dibaca. Format tersebut adalah
versi ePub yang dibuat oleh produse. Namun format EPUB open standard juga bisa
dibaca dengan mengggunakan perangkat NOOK, dan lain sebagainya.
B. Konten
Multimedia
Pengertian
Multimedia
Konsep tentang multimedia sudah
lama dikenalkan dalam kehidupan sehari-hari. Bila multimedia diartikan sebagai
suatu integrasi teks, suara (sound), image, animasi dan video, maka seperangkat
televisi adalah multimedia. Tetapi pengertian multimedia disini hanya dibatasi
pada multimedia yang dapat dijalankan dengan sistem operasi Microsoft Windows,
yang lazimnya disebut sebagai Multimedia PC (Multimedia Personal Computer).
Penekanan darimultimedia ini adalah cara komputer mempresentasikan informasi
dengan beberapa media komunikasi yang bersifat interaktif.
Elemen-Elemen
Multimedia
Istilah multimedia berasal dari
dua kata, yaitu multi yang berarti lebih dari satu dan media yang berati sarana
komunikasi. Maka multimedia dapat diartikan sebagai sarana komunikasi yang
menggunakan banyak media. Media yang dimaksudkan disini antara lain suara,
gambar, animasi, video digital dan teks. (Chandra : 2000).
C.Tahaapan
Pengembangan
Pengembangan aplikasi dalam
penelitian ini menggunakan model penelitian research and development dengan metode
pengembangan perangkat lunak model sequential (Pressman : 2002). Adapun tahapan
yang harus dilalui adalah :
Analisis
Tahap analisis yaitu tahap untuk
mengidentifikasi dan mendapatkan data mengenai kebutuhan apa saja yang
diperlukan dalam perancangan dan pengimplementasian sistem dan pemikiran untuk
perancangan selanjutnya.
Desain
Desain merupakan tahap melakukan
pemikiran untuk mendapatkan cara terefektif dan efisien mengimplementasikan
sistem dengan bantuan data yang didapatkan dalam tahap analisis. Di dalam
desain akan didapatkan sebuah kerangka untuk mengimplementasikan sistem.
Implementasi
Implementasi merupakan tahap
menterjemahkan modul-modul hasil desain ke dalam bentuk aplikasi dengan
menggunakan bahasa pemrograman tertentu dan menyatukannya menjadi kesatuan
sistem yang lebih komplit.
Pengujian
Pengujian perangkat lunak adalah
proses eksekusi pada program untuk menemukan kesalahan. Sebelum program
diterapkan, maka program harus bebas terlebih dahulu dari kesalahan-kesalahan.
Oleh sebab itu program harus diuji untuk menemukan kesalahan-kesalaha yang
mungkin terjadi. Pengujian dilakukan untuk setiap modul dan dilanjutkan dengan
pengujian untuk semua modul yang telah dirangkai.